Saturday, August 19, 2017

Teror Barcelona,Spanyol . Oleh dasar apapun dan alasan apapun, teror tak bisa dibenarkan! Teror terhadap orang-orang tak bersalah sama saja membunuh kemanusiaan kita sendiri!

Dalam  sepuluh tahun terakhir , Spanyol dan beberapa Negara eropa barat seperti Inggris, Prancis, Jerman, kerap kali merupakan Negara Negara yang di incar dan menjadi sasaran terror.
Namun mengetahui kawasan La Rambla , Barcelona menjadi target berikut para teroris membuat saya bergidik ngeri.
Bersama kawan-kawan Iyakoko Patea, ketika mengikuti Chantal de Ammar festival di , Calela Spanyol Oktober 2016 lalu,
Kawasan La Rambla, Barcelona, dok pribadi


 Kawasan La Rambla  ini menjadi lokasi wajib “hunting’  karena terkenal sebagai surga  belanja dan lokasi berkumpul turis dari berbagai belahan dunia, setelah menyusuri kota Barcelona yang eksotis di daerah Catalan ini.
Kawasan La rambla memiliki panjang kira kira 1,4 km yang dimulai dari Plaza de Catalunya dan berakhir di pelabuhan lama Barcelona, Port Vell.  Barangkali kita sering menonton berbagai aksi demontrasi atau perayaan besar warga Catalan lewat layar kaca di tempat ini.
Pelabuhan lama Port vell adalah pelabuhan Christphorus Cololmbus memulai perjalanan menjelajah samudra  ketika ia berhasil mencapai San Salvador di Kepulauan Bahama di perairan Karibia pada tahun 1492. Ia juga dianggap sebagai penemu Benua Amerika karena memberi petunjuk jalan bagi bangsa-bangsa Eropa ke benua itu.di Ujung Kawasan La Rambla inilah berdiri patung sang penjelajah setinggi 57 meter. Monumen Colombus diresmikan pada tahun 1888 dalam Pekan Raya Internasional Barcelona.
Kawasan La Rambla tak pernah sepi! Lalu lalang warga lokal bercampur wisatawan dari seluruh penjuru dunia membuat kawasan ini seperti tak pernah tidur. Anda perlu berhati-hati bila menyusuri kawasan ini. Banyaknya lalu lintas manusia membuat rawan pencopet yang mencoba mengambil keuntungan dari warga asing.
Sepanjang kawasan La Rambla, menawarkan berbagai penjualan cindera mata, café-café ,restoran, took-toko, butik dan lain-lainnya. Berbagai barang berkualitas satu sampai KW ada disini. Kalau anda jeli, anda akan menemukan beberapa produk sepatu produksi Negara-Negara Asia tenggara seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia! Sepatu asal Bandung disini dijual dengan harga fantastis.ya Kualitas sepatu Indonesia sudah terkenal seantero jagat. Saya menemukannya dalam satu etalase dekat Plaza Catalunya. La Rambla tampak  seperti pasar  raksasa yang teratur dan rapi.
Pada waktu tengah malam, akan muncul penjual-penjual dadakan,seperti pedagang kaki lima di Indonesia, yang menjajakan dagangannya dalam karung berukuran besar. Semua barang dagannya di ikat menggunakan tali, yang disimpul sambung menyambung menjadi satu. Tujuannya agar ketika ada sweeping dari kepolisian catalan, mereka dapat bereaksi dengan cepat dan kabur dari kawasan trototar sebelum diciduk polisi.
Para pedagang kaki lima terlihat menonjol, sebagian besar dari mereka adalah para imigran Afrika, orang-orang keturunan Maroko, Aljazair, bahkan ada pula yang berasal dari India dan Pakistan. Mereka tampak mencolok dengan warna kulit yang berbeda dan menggunakan pakaian  yang khas.
Para turis senang terlibat dalam transaksi bercampur was-was, dengan para pedagang ini, karena mereka menjual berbagai aksesoris dan cendera mata dalam harga sangat miring.
Kalau di los-los yang ada disekitar La Rambla menjual 1 cendera mata seharga 3Euro, mereka cukup 1Euro saja.
Tak heran para pedagang ini menjadi incaran para wisatawan. Dengan kejadian terror di kawasan ini yang telah mengguncang dunia, saya pastikan Kepolisian Catalan ikut mengincar para penjual ini, dan mereka pasti sudah memberhentikan aktifitas jualannya.
Dalam keriuhan dan lalu lalang manusia,saya sempat bergumam, “tak terbayangkan kalau kawasan ini di timpa terror seperti bom.
Tak ada maksud seakan mengaminkan pemikiran ‘sesat’ saya, kejadian tragis benar-benar terjadi.pada Hari Jumat 18 Agustus 2017,di kawasan La Rambla terjadi insiden terror yang menewaskan 15 orang, oleh sebuah van bermerk Fiat yang melaju lurus diatas trotoar La Rambla.dikendarai oleh sang peneror yang berasal dari Maroko, yang hingga kini masih diburu kepolisian Catalan
Kelompok militant ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan teror mobil di Barcelona. Klaim ISIS itu diumumkan melalui saluran propagandanya, Amaq News, yang dipantau SITE, situs kelompok intelijen.

”Pelaku serangan di #Barcelona adalah tentara Islamic State (Daesh/ISIS) dan melakukan operasi atas perintah pemimpin (ISIS) untuk menargetkan negara-negara koalisi,” bunyi klaim kelompok yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi itu, seperti dilansirFox News. ( Sindo)
Kita tentu nya sepakat bahwa Teror yang diciptakan sebagian orang dengan maksud membuat ketakutan hebat dan melumpuhkan nalar positif kemanusiaan kita.


Persimpangan Plaza de Catalunya,kawasn La Rambla, Spanyol. dok,pribadi

Namun sekali lagi, oleh dasar apapun dan alas an apapun, teror tak bisa dibenarkan! Teror terhadap orang-orang tak bersalah sama saja membunuh kemanusiaan kita sendiri!
Diatas segala macam bentuk keyakinan, keimanan dan pencarian manusia terhadap kebenaran,ingatlah kita, bahwa segala bentuk kebaikan dan kejahatan yang kita hasilkan akan dikembalikan tuaian-nya kepada kita.
Selama kita hidup di bumi yang menjadi pijakan kita, selama itu pula, bumi ini akan mengembalikan keseimbangannya. #Karma.


No comments:

Post a Comment

Christian Coleman, Rekor dunia lari 60 Msumber  foto by :  Victah Sailer Sebagai penggila Atletik, meski gak kuat lari,,saya su...