Saturday, August 12, 2017

Negara-Negara yang Paling tidak aman

Negara-negara yang Paling Tidak Damai
Korea Utara - negara yang baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan sebuah rencana untuk menyalakan rudal berkemampuan nuklir di Guam - adalah salah satu negara yang paling tidak damai di dunia.
Itu menurut Indeks Perdamaian Global 2017 dari Institut Ekonomi dan Perdamaian (IEP), yang menganalisis 162 negara dan memberi peringkat pada tingkat kedamaian setiap negara setiap tahun.
Untuk menyusun rangking, IEP melihat 23 indikator, seperti demonstrasi kekerasan dan impor senjata, di tiga kategori: tingkat keamanan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan tingkat militerisasi. Secara kolektif, negara-negara tersebut mencakup 99,7% populasi dunia.
Secara keseluruhan, dunia menjadi lebih damai pada 2017 dibanding tahun 2016. Pada tahun lalu, 93 negara menjadi lebih damai, sementara 68 negara menjadi kurang damai, menurut indeks. Negara-negara yang menempati peringkat terendah, dengan negara yang paling tidak damai di posisi # 1, berada di bawah.


# 14 KOREA UTARA
Parade AB Korea Utara, sumber foto BBC.News


Pada awalnya, Korea Utara hanya memiliki satu negara dengan nama Republik Korea, namun banyak warga yang tidak setuju dengan keotoriteran pemimpin serta gaya hidup yang tidak berkembang, maka akhirnya mereka terpisah menjadi dua negara; Utara dan Selatan. Korea Utara termasuk dalam negara satu partai dibawah Partai Buruh Korea, ideologi yang digunakan pun mengikuti ideologi Junche. Korea Utara yang saat itu dipimpin oleh Kim Jong-il harus digantikan oleh anaknya, Kim Jong Un, karena meninggal dunia ada 19 Desember 2011.


# 13.Federasi Rusia
Eskalasi meningkat dengan Ukraine, Latihan Perang Navy Russia, sumber foto CNN

 (Rusia: Росси́йска Федера́ция, tr. Rossiyskaya Federatsiya; IPA: [rɐˈsʲijskəjə fʲɪdʲɪˈratsɨjə] (https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/21/Speaker_Icon.svg/13px-Speaker_Icon.svg.png simak)), atau Rusia(Rusia: Росси́я, tr. Rossija; IPA: [rɐˈsʲijə] (https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/21/Speaker_Icon.svg/13px-Speaker_Icon.svg.png simak)), adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timurEropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km²,[6] Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi,[7][8][9], penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016).[10][11] Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Dari barat laut sampai ke tenggara, Rusia berbatasan denganNorwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina,Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara. Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering.
#12 .Pakistan
angkatan Bersenjata Pakistan sumber foto Geo.TV

 (Listeni/ˈpækstæn/ atau Listeni/pɑːkiˈstɑːn/; bahasa Urdu: پاکِستان) (pengucapan bahasa Urdu: [paːkɪˈst̪aːn] (https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/21/Speaker_Icon.svg/13px-Speaker_Icon.svg.png simak)), secara resmi bernama Republik Islam Pakistan (bahasa Urdu: اسلامی جمہوریۂ پاکِستان) adalah sebuah negara di Asia Selatan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1.046-kilometer (650 mi) dengan Laut Arab dan Teluk Oman di bagian selatan, berbatasan dengan negara Afghanistan dan Iran di bagian barat, India di bagian timur dan Tiongkok di arah timur laut.[4] Tajikistan terletak sangat berdekatan dengan Pakistan, namun dibatasi oleh daratan sempit yang disebut Koridor Wakhan. Pakistan terletak secara strategis di antara daerah-daerah penting di Asia Selatan, Asia Tengah, dan Timur Tengah.[5]


# 11.Republik Demokratik Kongo,
Tentara Republik Demoktratik Kongo. sumber Army Recognition

 (sebelumnya bernama Zaire antara tahun 1971 dan 1997), adalah sebuah Negara di Afrika bagian Tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Afrika Tengah dan Sudan Selatan di sebelah utara; Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania di timur; Zambia dan Angola di selatan; dan Republik Kongo di Barat.
Perang bersaudara berlangsung berkepanjangan di Kongo sejak 1998 yang menghancurkan serta menyeret seluruh wilayah tersebut dan negara-negara di sekitarnya. Aksi kekerasan tersebut telah menghancurkan infrastruktur dan perekonomian negara tersebut hingga akhirnya PBB mengambil alih permasalahan di negara itu dan memaksa Presiden Joseph Kabila menyelenggarakan Pemilihan Umum pada 30 Juli 2006.



#10.Ukraina
Angkatan bersenjata Ukraina, sumber Sputnik International

 adalah sebuah negara di Eropa Timur[3][4][5][6] yang berbatasan dengan Rusia di timur dan timur-laut; Belarus di barat-laut; Polandia dan Slowakia di barat; Hongaria, Rumania, dan Moldova di barat-daya; Laut Hitam di selatan; dan Laut Azov di tenggara. Ukraina dan Rusia sekarang ini sama-sama memperebutkan Semenanjung Krimea yang dicaplok oleh Rusia pada tahun 2014, meskipun demikian Ukraina dan banyak komunitas internasional mengakuinya sebagai bagian dari Ukraina. Beserta Krimea, Ukraina memiliki wilayah seluas 603.628 km², yang membuatnya sebagai negara terluas di Eropa dan terluas ke-46 di dunia. Sedangkan populasi sejumlah 44,5 juta jiwa menjadikan Ukraina sebagai negara berpenduduk terbanyak ke-32 di dunia.

#9 .Republik Afrika Tengah
Afrika Tengah sumber foto IBK times UK

 ialah sebuah negara di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan Kamerun.
Dahulu negara ini merupakan koloni Perancis bernama Ubangi-Shari, yang mencapai kemerdekaan pada 1960. Selepas tiga dasawarsa bergolak akibat pemerintahan militer silih-berganti, akhirnya pemerintahan sipil berkuasa pada 1993. Namun, pemerintahan ini bertahan selama satu dekade saja. Pada Maret 2003 suatu kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Francois Bozize telah menjatuhkan pemerintahan sipil pimpinan Presiden Ange-Felix Patasse dan mendirikan pemerintahan peralihan di sana.


#8. Sudan 
Tentara Sudan. sumber foto BBC

(nama resmi: Republic of Sudan) adalah negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Sebelum referendum yang memisahkan Sudan menjadi dua bagian, Sudan merupakan negara terluas di Afrika dan di daerah Arab, serta terluas kesepuluh di dunia. Negara ini berbatasan dengan Mesir di utara, Laut Merah di timur laut, Kongo dan Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, dan Libya di barat laut. Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia.
Sebagai anggota dari PBB, Sudan juga anggota dari Arab Union, Liga Arab, OKI,Gerakan Non-Blok dan juga sebagai pengamat diWTO. Ibu kota negara ini adalah Khartoum yang merupakan pusat politik, kebudayaan, dan perdagangan. Sementara Omdurmansebagai kota terbesarnya dengan jumlah populasi sebesar 42 juta jiwa. Islam Sunni merupakan agama resmi dan terbanyak dianut sementara bahasa Arab merupakan bahasa resmi negara ini secara de jure dan bahasa Inggris secara de facto.

#7.Libya
Tripoli Libya, sumber foto Europarabact

 atau Libia (Arab: ‏ليبيا Lībyā), secara resmi Negara Libya[2][3] adalah sebuah negara di wilayah Maghrib Afrika Utara. Libya berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat.
Dengan wilayah seluas hampir 1,8 juta square kilometer (700.000 sq mi), Libya adalah negara terbesar keempat di Afrika menurut luas wilayah, dan ke-17 terbesar di dunia.[4] Kota terbesarnya, Tripoli, adalah rumah bagi 1,7 juta dari 6,4 juta rakyat Libya. Tiga pembagian wilayah tradisional negara ini adalah Tripolitania, Fezzan dan Cyrenaica.
Pada tahun 2009, Libya memiliki IPM tertinggi di Afrika dan PDB (PPP) per kapita tertinggi di Afrika, dan di susul oleh Seychelles,Guinea Khatulistiwa, dan Gabon. Libya memiliki cadangan minyak terbesar ke-10 dari negara-negara lain di dunia dan produksi minyak tertinggi ke-17.[5]
Akibat perang saudara yang berlangsung sejak Februari hingga Oktober 2011, pemerintah Libya, yang pada saat itu telah berkuasa selama lebih dari 40 tahun, tumbang dan Libya memasuki periode pemerintahan oleh suatu pemerintahan sementara yang disebut Dewan Transisi Nasional (NTC).[6] NTC akan mengawasi tahap pertama suatu transisi menuju demokrasi, di mana setelah itu lembaga tersebut akan bubar dan digantikan oleh suatu dewan perwakilan.[7]


#6.Somalia
kota Mogadsihu Somalia ,sumber foto. Mogadsihu Journal

 (bahasa Somali: Soomaaliya; bahasa Arab: الصومال, As-Sumal), dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat.
Somalia tidak memiliki pemerintah nasional yang efektif. Di barat laut, ada pemisahan RepublikSomaliland. Di bagian lain terdapat beberapa warlord, yaitu Puntland dan Somalia Barat Daya. Pemerintahan yang diakui dunia internasional adalah "Pemerintahan Transisi Nasional", awalnya dikepalai oleh Abdulkassim Salat Hassan, yang mengontrol hanya sebagian dari Mogadishu, ibu kota Somalia.
Pada 10 Oktober 2004 Perdana Menteri Somalia terpilih Abdullahi Yusuf, presiden Puntland, menjadi presiden berikut. Karena kekacauan di Mogadishu, pemilihan diadakan di pusat olah raga di Nairobi, Kenya. Yusuf terpilih Presiden transisional oleh parlemen transisional Somalia. Ia memenangkan 189 dari 275 suara dari parlemen. Sesi parlemen juga diadakan di negara tetangga Kenya. Pemerintahannya diakui oleh banyak negara Barat sebagai penguasa legal negara tersebut, meskipun otoritas aktualnya dipertanyakan.
Banyak organisasi politik kecil berdasarkan klan, lainnya mencari politik yang bebas-marga (seperti Front Somali Bersatu). Banyak yang terbentuk sejak pemilihan presiden baru.


#5.Republik Yaman,
Yaman,sumber foto  Global liputan 6.com

 adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini.
Penduduk Yaman diperkirakan berjumlah sekitar 23 juta jiwa. Luas negara ini sekitar 530.000 km2 dan wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya, Sokotra, terletak sekitar 415 kilometer dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab.

#4.Sudan Selatan,
Tentara Sudan Selatan sumber foto. Rmol

secara resmi bernama Republik Sudan Selatan,[3] adalah sebuah negara di Afrika Timur. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Juba, terletak di negara bagian Khatulistiwa Tengah sebelah selatan. Negara terkurung daratan ini berbatasan dengan Ethiopia di sebelah timur; Kenya, Uganda, dan Republik Demokratik Kongo di sebelah selatan; Republik Afrika Tengah di sebelah barat; dan Sudan di sebelah utara. Sudan Selatan meliputi kawasan rawa yang luas, Sudd, yang dibentuk oleh Nil Putih, secara lokal disebut Bahrul Jabal.
Negara ini awalnya merupakan bagian dari Sudan Anglo-Mesir, kondominium Britania dan Mesir, dan kemudian menjadi bagian dariRepublik Sudan ketika mencapai kemerdekaan pada 1956. Setelah Perang Saudara Sudan Pertama, Wilayah Otonomi Sudan bagian Selatan dibentuk pada 1972 dan berlangsung sampai dengan 1983. Kemudian terjadi Perang Saudara Sudan Kedua yang berakhir dengan Perjanjian Damai Komprehensif 2005. Selanjutnya pada tahun itu, otonomi selatan dikembalikan ketikaPemerintah Otonomi Sudan bagian Selatan dibentuk. Sudan Selatan menjadi sebuah negara merdeka pada 9 Juli 2011 tengah malam (00:00) waktu setempat setelah referendum yang diselenggarakan pada Januari 2011 menghasilkan sekitar 99% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Sudan.[4]
Pada 14 Juli 2011, Sudan Selatan menjadi negara anggota PBB.[5] Negara ini juga merupakan anggota Uni Afrika. Sudan Selatan juga telah mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Persemakmuran,[6] Komunitas Afrika Timur,[7][8] Dana Moneter Internasional,[9] dan Bank Dunia.[10] Negara ini juga dinyatakan dapat mendaftarkan diri untuk keanggotaan Liga Arab.[11]

#3.Republik Irak
Bahdad,Irak 'Firdous Square" dulu sebelum perang sektarian,sumber.twitter

 (nama lokal: Al Jumhuriyah al Iraqiyah - nama lokal singkat: Al Iraq [5] (Arab: Tentang suara ini العراق (bantuan·info), Turki: Irak, Kurdi:عيَراق), adalah sebuah negara di Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang meliputi sebagian terbesar daerah Mesopotamia serta ujung barat laut dari Pegunungan Zagros dan bagian timur dari Gurun Suriah. Negara ini berbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan, Yordania di barat, Suriah di barat laut, Turki di utara, dan Iran di timur. Irak mempunyai bagian yang sangat sempit dari garis pantai di Umm Qashr di Teluk Persia.
Irak mempunyai sejarah yang kaya. Kini Irak termasuk negara berkembang di tengah-tengah perang saudara.

#2. Afganistan 
keindahan mata gadis Afghanistan.sumber foto Pinterest

(Pashtun/Dari: افغانستان, Afganistan), secara resmi Republik Islam Afganistan, adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Memiliki penduduk sekitar 32 juta, menjadikannya negara paling padat penduduknya ke-42 di dunia. Negara ini berbatasan dengan Pakistan di selatan dan timur; Iran di barat; Turkmenistan,Uzbekistan,Tajikistan di utara; dan Tiongkok jauh di timur laut. Wilayahnya meliputi 652.000 km² (252.000 sq mi), menjadikannya negara terbesar ke-41 di dunia

#1.Syria,

anak-anak Suriah di pengungsian, sumber foto Independent

menduduki peringkat sebagai negara yang paling tidak damai pada 2016 dan 2016, berada di tengah krisis pengungsi. Diperkirakan 13,5 juta warga sipil Syria telah melarikan diri dari perang (dan lebih dari 6 juta orang telah mengungsi) sejak dimulainya perang saudara di negara itu pada tahun 2011. Peringkat ini termasuk di antara lima negara paling tidak damai di dunia sejak Indeks Perdamaian Global 2013.
Secara regional, Timur Tengah dan Afrika Utara tetap merupakan wilayah yang paling tidak damai di dunia dalam indeks 2017. Selama tahun lalu, Suriah mengeluarkan biaya kekerasan terbesar sebagai persentase dari PDB sebesar 67%. Secara global, kekerasan menelan biaya 12,6% dari PDB dunia.


sumber : Msn.com, Wikipedia.


No comments:

Post a Comment

Christian Coleman, Rekor dunia lari 60 Msumber  foto by :  Victah Sailer Sebagai penggila Atletik, meski gak kuat lari,,saya su...